Beranda > Ilmu Pengetahuan, Perikanan dan Kelautan > Kandungan Omega 3 Ikan Laut

Kandungan Omega 3 Ikan Laut

tuna

Kandungan Omega 3 Ikan Laut

Untuk Kecerdasan Otak dan Mencegah Penyakit Deneratif


Beruntunglah kita yang tinggal di negara yang mempunyai bentangan laut yang sangat luas dengan segala kekayaan alam yang ada di dalamnya, khususnya ikan laut. Meskipun tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia masih rendah dibandingkan negara negara lain, tapi grafiknya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Ikan laut memiliki berbagai kandungan gizi yang sangat komplit yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mengkonsumsi ikan laut sejak dini dapat meningkatkan perkembangan dan kecerdasan otak anak serta mencegah datangnya beberapa penyakit degeneratif (penyakit yang mengiringi proses penuaan).

Salah satu kandungan gizi yang sangat penting pada ikan laut adalah omega 3 (EPA dan DHA). Beberapa jenis ikan laut dengan kandungan omega 3 yang banyak dijual di pasaran Indonesia adalah ikan tuna, ikan tongkol, ikan tenggiri, ikan layang, ikan kembung dan ikan lemuru.

Peran omega 3 untuk kecerdasan dan pencegahan beberapa penyakit degeneratif dimulai pada saat seseorang berada dalam kandungan, oleh karena itu sangat dianjurkan kepada ibu ibu mengkonsumsi bahan pangan yang mengandung omega 3 pada saat kehamilannya. Pada masa kehamilan, dimulailah pembentukan berbagai organ vital seseorang, mulai dari sistem saraf dan otak, jantung, panca indera, alat kelamin, dll. Dengan asupan gizi yang cukup dari ibu, proses ini akan berjalan semestinya sampai tahap penyempurnaan proses tumbuh kembang organ organ yang telah dibentuk sebelumnya hingga dapat mengurangi resiko terjadinya kelainan morfologis pada bayi saat ibu melahirkan.

Peran omega 3 untuk tubuh tidak berhenti sampai disitu saja. Omega 3 juga mempunyai peran penting untuk proses sel sel saraf (termasuk sel otak) sehingga dapat meningkatkan kecerdasan anak pada masa tumbuh dan berkembang.

Omega 3 juga mempunyai peranan penting untuk kesehatan seseorang. Dengan bertambahnya usia, seseorang akan rentan terkena berbagai penyakit seiring dengan berkurangnya kerja sistem kekebalan tubuh. Dengan tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3, akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Kandungan omega 3 pada ikan laut juga dapat mencegah timbulnya penyakit jantung, mengurangi kadar kolesterol dalam darah yang merupakan penyebab timbulnya stroke.

Dari penjelasan di atas, kita ketahui betapa besar manfaat omega 3 bagi tubuh, mulai dari janin hingga dewasa. Tidak salah kalau pemerintah dan para ahli gizi kedokteran menggalakkan masyarakat untuk mengkonsumsi ikan sejak dini.

Penjelasan di atas juga hanya terbatas pada kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan laut. Masih banyak kandungan gizi ikan laut lainnya yang sangat berguna bagi tubuh, seperti protein, mineral, vitamin,dll. Dan tidak lupa, semuanya itu juga tidak terlepas dari pemilihan ikan yang dikategorikan baik dan segar untuk dikonsumsi.

Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Related Article : Kandungan Gizi Ikan Laut, Manfaat Ikan Laut Untuk Kesehatan, Apa Itu Omega 3? on My Another Blog

Daftar Pustaka

About these ads
  1. halim
    31 Januari 2010 pukul 09:21 | #1

    rancak….

  2. awaludin
    29 Maret 2010 pukul 11:09 | #2

    terima kasih informasinya

  3. 25 Februari 2011 pukul 21:37 | #4

    makanan kesukaan ku dari dulu adlh ikan tongkol, istri ku sangat tau ttg ini.

  4. nenes
    7 Maret 2011 pukul 10:20 | #5

    wow……. rugi banggggget klo g doyan makan ikan laut, makasih infonya, saya sangat doyan makan ikan, di olah jadi menu apapun pasti uuuuunek banget………..

  5. Fadel Anwar
    4 Juni 2011 pukul 11:14 | #6

    BAWAL……………….!!!!

  6. 26 September 2011 pukul 10:29 | #7

    Inilah yang harus menjadi fokus perhatian kita semua, Indonesia adalaha negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari perairan dengan populasi ikan yang cukup banyak, tetapi tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan sejak dini masih cukup rendah.
    Mari kita biasakan anak cucu kita untuk mengkonsumsi ikan dari sejak dini agar dapat mengembangkan pertumbuhan dan kecerdasan otak.
    “MARI GEMAR MAKAN IKAN SEJAK DINI”

  7. 4 Desember 2011 pukul 17:23 | #8

    terimakasih info.a… :-)

  8. 11 Januari 2012 pukul 09:39 | #9

    trm ksh atas infonya

  9. 25 Februari 2012 pukul 13:24 | #10

    lalu bagaimna memilih ikan yang baik, sedangkn sekarang ikan banyak mengandung zat yang berbahaya?
    dan apakah omega 3 yang dikandung ikan itu tetap terjaga dengan baik bila daging ikan mengandung zat berbahaya???

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: