Beranda > Religi > Wanita Berjilbab

Wanita Berjilbab

Trend Jilbab Perempuan

Dewasa ini, banyak kita lihat perempuan mengenakan jilbab dalam kehidupannya sehari hari. Pilihan model,warna dan berbagai aksesoris jilbab juga bertambah seiring dengan perkembangan zaman, begitu juga dengan cara memakainya. Bergaya trendi dengan jilbab juga banyak menjadi topik pembicaraan masyarakat dewasa ini.

Melalui tulisan ini, kita coba ulas sedikit mengenai jilbab dalam pandangan islam dan pandangan laki laki terhadap wanita yang berjilbab.

Memakai jilbab bagi perempuan merupakan perintah Allah SWT dalam agama islam. Ini dapat kita lihat dari firman Allah SWT dalam berbagai surat dalam Al Qur’an dan beberapa hadits nabi. Salah satu firman Allah yang jelas memerintahkan perempuan untuk berjilbab adalah dalam surat Al Ahzab ayat 59

“Wahai nabi katakanlah kepada isteri isterimu, anak anak perempuanmu dan isteri isteri orang mukmin : Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka, yang demikian itu agar mereka lebih mudah dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah maha pengampun dan penyayang”

Pengertian tentang jilbab ini sangatlah banyak. Salah satunya adalah : jilbab adalah pakaian lebar yang dipakai wanita untuk menutupi kepala, dada dan bagian belakaang tubuhnya.

Dari pengertian di atas, dapat kita simpulkan inti dari memakai jilbab ini adalah untuk menutup aurat pada perempuan yang tidak tertutupi oleh baju dan celana pada saat berpakaian. Aurat tersebut adalah rambut, leher dan dada.

Sekarang, coba kita lihat jilbab yang banyak dipakai oleh perempuan di sekitar kita sekarang ini. Dengan trend yang berkembang, pemakaian jilbab tidak lagi menutup seluruh aurat sebagaimana yang di ajarkan dalam islam. Penulis tidak ada maksud memojokkan perempuan islam, bergaya dan mengikuti mode merupakan hal yang tidak bisa dihindari dewasa ini. Perempuan dengan jilbab yang dililitkan di leher dan dipadukan dengan pakaian yang serba ketat sangat banyak di sekitar kita.

Bagaimana pandangan laki laki terhadap wanita yang berjilbab?

Ini bukanlah penelitian, tapi hanya pandangan penulis sebagai laki laki. Tidak ada maksud memojokkan perempuan ataupun laki laki.

Memandang wanita bagi laki laki adalah hal yang tidak terelakkan. Apa yang dipandang oleh laki laki dari perempuan??? Tidak usah bertele tele dan munafik, secara visual yang pertama dipandang oleh laki laki adalah wajah dan bentuk tubuh wanita. Ada yang mengatakan “saya melihat pribadinya”, atau “saya melihat tingkah lakunya”, mungkin itu benar tapi tidak sepenuhnya jujur. Pada saat melihat perempuan, seolah olah sudah ada lock target di beberapa bagian yang tidak perlu disebutkan. Dari hanya sekedar memandang, nantinya akan berlanjut ke aksi aksi lain, seperti menyapa, merayu, menggoda, dll. Bayangkan, itu hanya dengan memandang!!! Perempuan yang berbaju ketat merupakan idola pada kasus ini.

Bagaimana cara wanita untuk menghindari???

Pakailah jilbab seperti yang di anjurkan agama. Memang tidak 100% akan terhindar dari hal hal yang disebut di atas, tapi paling tidak bisa mengurangi. Banyak dari laki laki yang enggan menganggu perempuan yang memakai jilbab dengan berbagai alasan, tapi banyak juga yang masa bodoh. Bayangkan saja, memakai busana muslimah dan berjilbab masih ada laki laki yang mengganggu, apalagi berpakaian ketat!!! Berbusana muslimah dan berjilbab pun beberapa bagian tubuh perempuan tidak bisa sepenuhnya disembunyikan, apalagi berpakaian ketat!!!

Tulisan ini tidak ada maksud memojokkan atupun menyalahkan gender. Hanya untuk renungan, semoga bermanfaat.

Kategori:Religi Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: