Beranda > Lain Lain, My Life > Iseng Doank……Cerita Gokil Anak Minang Gede di Riau

Iseng Doank……Cerita Gokil Anak Minang Gede di Riau

kopek-an

Memori Kuliah n’ Kost


#8 Musim Ujian Semester

Waaaahhh!!! Ini dia nich musim yang paling gak ditunggu tunggu (nah loh!!!) ma anak kuliahan yang otaknya rada mampet, kepala sering keserempet mikrolet dan koneksinya juga rada lelet (kampreeeet!!!). Musim ujian membuat jantung deg deg ser (takut gak bisa liat contekan), harap harap cemas (takut gak ada yang mo ngasih jawaban) dan diselingi gemetaran (kalo ketahuan nyontek ma pengawas, hehehe). Pokoke seru begete dech!!!

Sebenernya gak ada yang menarik sich cerita pada saat musim ujian Gw. Tapi biarlah, sudah Gw putuskan untuk tetap bercerita melalui cerita gak penting ini. Suka gak suka, seneng gak seneng, semoga para pembaca bisa dengan lapang dada menerimanya. Untuk semua kebaikan teman teman semua yang mau membaca sampe habis semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT, amiiin…

Masa awal awal masuk kuliah, tepatnya semester 1 dan 2 tidak ada hal yang menarik di musim ujian Gw. Gimana gak, capek capek Gw belajar, bolak balik buku catatan (sampe tu buku kucel bukan main), begadang mengejar SKS (sistem kebut semalam) dan mengabaikan ajakan teman teman untuk hura hura sya la la, eeehhh gak tau nya pas ujian ada seseorang temen cewek Gw yang dengan iklas memberikan jawabannya (mana duduk di belakang lagi, kan enak banget tuh). Bisa dibayangin kan? Betapa tidak ada tantangannya ujian Gw, gak ada teguran dari pengawas, gak ada garuk garuk kepala sambil mikir apa yang dipelajari semalam, de el el, de el el (eleeeh, sok banget!!!). Alhasil, pas nerima hasil ujian dan ngeliat IP Gw di atas 3 gak ada perasaan gembira sama sekali (padahal senengnya bukan main tuh, wakakakakak!!!).

Memasuki semester ke 3 mulai dech adrenalin Gw terpompa. Masuknya senior yang mengulang mata kuliah (kalo ditanya katanya sich pendalaman materi, padahal beugggh!!! tau sendiri dech) berakibat sangat buruk pada posisi duduk ujian Gw. Dari tempat yang sejuk dan adem di belakang kelas akhirnya di gusur ke kursi VIP. Dimanakah itu?? Di depan coy!!! Gilanya lagi tepat disebelah pengawas. Asli gak bisa ngapa ngapain, jangankan bergerak, buat nafas pun rasanya susah setengah idup (pasti gak percaya kan? good good good, hehe). Tapi thanks God, dengan petunjuknya Gw bisa melewati itu semua dengan sukses (yang ini asli sukses, nilai Gw bagus).

Makin bertambahnya semester, makin seru aja. Masuk musim ujian Gw da mulai kalang kabut nyari catatan, nanya sana sini dan bolak balik gak karuan hanya untuk mendapatkan potokopian catatan dari semua mata kuliah yang ada pada semester itu. Bertambahnya umur di kuliahan bikin Gw males nyatat. Ke kampus cuma berbekal kertas satu lembar yang dilipat 4 dan pena 1, masukin kantong, masuk kelas dech (kalo ada yang baca lagi masa kuliah, mohon jangan ditiru!!! tidak bisa dijadikan suri tauladan). Tapi berkat kejadian itu Gw jadi tau, musim ujian adalah salah satu musim ujian bagi pengusaha potokopian sekitar kampus. Bejibun dink yang fotokopi catatannya!! Perasaan bersalah Gw pun sedikit demi sedikit memudar, karena Gw adalah salah satu orang yang punya andil menaikkan income pengusaha potokopian untuk beberapa tahun ke depan.

Memang teknologi sangat bermanfaat bagi manusia. Berniat baik ataupun tidak semuanya tergantung kita. Contoh yang berniat jelek ya ini, Gw. Buku tulis dan buku pelajaran segede majalah Hai bisa disusutkan menjadi 1/4nya dengan mesin fotokopi. Jadi enteng dibawa kemana mana dan tidak mencolok saat di intip disela sela ujian berlangsung, hehe..

Tips dan trik mem fotokopi catatan menjadi 1/4 aslinya dan cara melihat yang baik dan benar pada saat ujian :

  1. Luangkan waktu anda untuk mencari temen cewek yang bertulisan bagus dan rapi. Hal ini sangat penting!! Hasil kopian yang kecil itu akan bisa terbaca dengan tulisan yang bagus dan rapi.
  2. Orang yang punya catatan harus mau minjamin catatannya!!! Gak ada gunanya ketemu orang yang bertulisan bagus dan rapi tetapi ybs gak mau minjamin.
  3. Luangkan wantu untuk membaca potokopian kecil ini dirumah walaupun sebentar dan usahakan sampe habis. Hal ini sangat berguna untuk mengingat letak halaman keberapa sebuah topik/bab pelajaran.
  4. Masukkan catatan kecil ini di tempat yang mudah dijangkau pada saat ujian, seperti kantong baju. Hindari di kantong belakang celana, makin banyak melakukan gerakan pada saat ujian akan menambah resiko ketahuan.
  5. Stay cool on the class. Liatlah contekan itu dengan santai, jauhkan semua rasa grogi yang ada.
  6. Berbagi dengan sesama teman yang membutuhkan. Meskipun kita melakukan kejahatan, setidaknya dengan berbagi kita juga melakukan kebaikan, balance gitu lah.
  7. Jika ujian selesai, jangan sesekali membuang catatan kecil ini di tempat yang mudah dilihat orang. Biarlah kita sendiri yang tau kejelekan kita. Kalo perlu disimpen aja tu catatan, suatu saat nanti akan ada gunanya.
  8. Jangan lupa berdoa sebelum dan selesai ujian.

NB : Tips dan trik ini hanya untuk orang orang yang tingkat warasnya tidak berada di level normal!!! Jika anda masih dalam level normal, jangan sesekali mencoba!!! Addictive banget!!! Lebih disarankan anda membuat catatan kecil yang ditulis sendiri, kenapa??? Dengan menulis, kita akan mengingat apa yang kita tulis meskipun tidak seluruhnya, sehingga catatan kecil tsb tidak akan digunakan.

Ingin saran yang sedikit normal??? Ok, Gw kasih dech

Apa anda type orang yang suka belajar bersama atau diskusi??? Kaloi iya, manfaatkanlah itu. Diskusi tanya jawab akan lebih bermanfaat menurut pengalaman Gw. Kenapa??? Karena bagi Gw pribadi apa yang di dengar lebih lebih cepat tertangkap dan tersimpan di otak Gw ketimbang Gw membaca sendiri. Gak tau dech bagi yang lain, hehehe…

Sekian cerita ini, pasti gak menarik kan??? Jangan salahin Gw, karena da dibilangin dari awal awal.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

